PENGENALAN DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU USAHA UMKM DI DESA SIDOMULYO
Main Article Content
Abstract
Perubahan perilaku pemasaran dari konvensional ke digital tidak diimbangi oleh keberadaan pelaku UMKM yang menggunakan digital marketing, padahal UMKM  dipercaya  mampu  memacu  perekonomian  Indonesia.  Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi UMKM untuk berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi. Media promosi digital marketing diharapkan menjadi pilihan yang efektif untuk pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis dan menjangkau pasar nasional maupun internasional. Media promosi konvensional yang banyak membutuhkan biaya dan jauh lebih rumit dengan sendirinya tidak lagi menjadi perhatian utama bagi pelaku UMKM karena adanya digital marketing. Adapun tujuan dalam kegiatan ini, yakni:1.  Membantu  pelaku  usaha  UMKM  memanfaatkan  media  sosial  sebagai sarana untuk mereka melakukan promosi dan lain sebagainya. 2.  Memberikan  pemahaman  akan  pentingnya  digital  marketing  dalam pengenalan produk mereka secara luas. 3.  Dapat  dijadikan  sebagai  motivasi  bagi  mereka  dalam  memperkenalkan produk mereka secara luas.
Â
Kata Kunci : Digital Marketing, UMKM
Article Details
References
Kriyantono, Rakhmat, 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Prenada Kencana
Rangkuti, Freddy. Strategi promosi yang kreatif dan analis kasus IMC.2009. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Sulaksana, 2007. Integrated Marketing Communication, Jakarta: Quantum.
Saputra, Wahidin, 2011, Public Relations Teori dan Praktik Public Relations di Era Cyber, Depok: Gramata Publishing.
Tjiptono, Fandy, 2009. Strategi Pemasaran: Manajemen Jasa, Yogyakarta: Andi Publisher.
Wiley, Yoeti. A. Oka, 1996. Manajemen Pemasaran, Jakarta : Perca.