PENGENALAN DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU USAHA UMKM DI DESA SIDOMULYO

Authors

  • Ruliyansa Ruliyansa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Trisna Negara, Belitang OKU Timur
  • Setia Kurniawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Trisna Negara, Belitang OKU Timur
  • Subarjono Subarjono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Trisna Negara, Belitang OKU Timur
  • Zaidun Zaidun Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Trisna Negara, Belitang OKU Timur

DOI:

https://doi.org/10.47232/jipkm.v3i2.369

Abstract

Perubahan perilaku pemasaran dari konvensional ke digital tidak diimbangi oleh keberadaan pelaku UMKM yang menggunakan digital marketing, padahal UMKM   dipercaya   mampu   memacu   perekonomian   Indonesia.   Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi UMKM untuk berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi. Media promosi digital marketing diharapkan menjadi pilihan yang efektif untuk pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis dan menjangkau pasar nasional maupun internasional. Media promosi konvensional yang banyak membutuhkan biaya dan jauh lebih rumit dengan sendirinya tidak lagi menjadi perhatian utama bagi pelaku UMKM karena adanya digital marketing. Adapun tujuan dalam kegiatan ini, yakni:1.   Membantu  pelaku  usaha  UMKM  memanfaatkan  media  sosial  sebagai sarana untuk mereka melakukan promosi dan lain sebagainya. 2.   Memberikan   pemahaman   akan   pentingnya   digital   marketing   dalam pengenalan produk mereka secara luas. 3.   Dapat  dijadikan  sebagai  motivasi  bagi  mereka  dalam  memperkenalkan produk mereka secara luas. Kata Kunci : Digital Marketing, UMKM

References

Cresswell, John. W, 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kriyantono, Rakhmat, 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Prenada Kencana
Rangkuti, Freddy. Strategi promosi yang kreatif dan analis kasus IMC.2009. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Sulaksana, 2007. Integrated Marketing Communication, Jakarta: Quantum.
Saputra, Wahidin, 2011, Public Relations Teori dan Praktik Public Relations di Era Cyber, Depok: Gramata Publishing.
Tjiptono, Fandy, 2009. Strategi Pemasaran: Manajemen Jasa, Yogyakarta: Andi Publisher.
Wiley, Yoeti. A. Oka, 1996. Manajemen Pemasaran, Jakarta : Perca.

Downloads

Published

2023-08-05