PENGENALAN DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU USAHA UMKM DI DESA SIDOMULYO
DOI:
https://doi.org/10.47232/jipkm.v3i2.369Abstract
Perubahan perilaku pemasaran dari konvensional ke digital tidak diimbangi oleh keberadaan pelaku UMKM yang menggunakan digital marketing, padahal UMKM dipercaya mampu memacu perekonomian Indonesia. Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi UMKM untuk berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi. Media promosi digital marketing diharapkan menjadi pilihan yang efektif untuk pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis dan menjangkau pasar nasional maupun internasional. Media promosi konvensional yang banyak membutuhkan biaya dan jauh lebih rumit dengan sendirinya tidak lagi menjadi perhatian utama bagi pelaku UMKM karena adanya digital marketing. Adapun tujuan dalam kegiatan ini, yakni:1. Membantu pelaku usaha UMKM memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk mereka melakukan promosi dan lain sebagainya. 2. Memberikan pemahaman akan pentingnya digital marketing dalam pengenalan produk mereka secara luas. 3. Dapat dijadikan sebagai motivasi bagi mereka dalam memperkenalkan produk mereka secara luas. Kata Kunci : Digital Marketing, UMKMReferences
Cresswell, John. W, 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kriyantono, Rakhmat, 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Prenada Kencana
Rangkuti, Freddy. Strategi promosi yang kreatif dan analis kasus IMC.2009. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Sulaksana, 2007. Integrated Marketing Communication, Jakarta: Quantum.
Saputra, Wahidin, 2011, Public Relations Teori dan Praktik Public Relations di Era Cyber, Depok: Gramata Publishing.
Tjiptono, Fandy, 2009. Strategi Pemasaran: Manajemen Jasa, Yogyakarta: Andi Publisher.
Wiley, Yoeti. A. Oka, 1996. Manajemen Pemasaran, Jakarta : Perca.
Kriyantono, Rakhmat, 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Prenada Kencana
Rangkuti, Freddy. Strategi promosi yang kreatif dan analis kasus IMC.2009. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Sulaksana, 2007. Integrated Marketing Communication, Jakarta: Quantum.
Saputra, Wahidin, 2011, Public Relations Teori dan Praktik Public Relations di Era Cyber, Depok: Gramata Publishing.
Tjiptono, Fandy, 2009. Strategi Pemasaran: Manajemen Jasa, Yogyakarta: Andi Publisher.
Wiley, Yoeti. A. Oka, 1996. Manajemen Pemasaran, Jakarta : Perca.
Downloads
Published
2023-08-05
Issue
Section
Articles