PENGARUH VIRAL MARKETING DAN CELEBRITY ENDORSMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survey Pada Mahasiswi Pengguna Produk MS Glow Prodi Manajemen di Universitas Muhammadiyah Ponorogo)

Authors

  • Agustin Ria Afrianti Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Edi Santoso Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Dwi Warni Wahyuningsih Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.47232/aktual.v20i1.175

Keywords:

Viral Marketing, Celebrity Endorsment, Keputusan Pembelian, Minat Beli

Abstract

Tampil dengan kulit yang sehat merupakan kebutuhan utama bagi semua orang terutama kaum perempuan. Seiring perkembangan zaman perawatan kulit dijadikan sebagai kebutuhan utama khusus nya dikalangan mahasiswi. Hai ini dapat dijadikan peluang bisnis dalam dunia kosmetik atau skin care. Di Indonesia banyak skin care yang beredar salah satunya produk MS Glow. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Viral Marketing,dan Celebrity Endorsment terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Produk MS Glow  melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif. Data dari penelitian ini diperoleh dengan menyebarkan kuisioner kepada responden di Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswi Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Ponorogo sebanyak 564 mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 85 mahasiswi dengan menggunakan proportionate stratified random sampling.  Uji yang digunakan dalam mengolah data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Koefisien Determinasi , Uji T, dan Analisis Jalur atau Path. Analisis dalam penelitian ini menggunakan software SPSS 25 Hasil penelitian ini menunjukkan hasil bahwa: 1) Variabel viral marketing (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian  (Y2)  pengguna MS Glow. 2) Variabel celebrity endrsment (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y2) pengguna MS Glow. 3) Variabel viral marketing (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli (Y1) pengguna MS Glow pada mahasiswi Prodi Manajemen di Universitas Muhammadiyah Ponorogo. 4) Variabel celebrity endorsment (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli (Y1) pengguna MS Glow. 5) Variabel minat beli (Y1)  berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y2) pengguna MS Glow. 6) Variabel viral marketing (X1) tidak berpengaruh positif signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian (Y2) melalui minat beli (Y1) sebagai variabel intervening pengguna MS Glow. 7) Variabel celebrity endorsment (X2) tidak berpengaruh positif signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian (Y2) melalui minat beli (Y1) sebagai variabel intervening pengguna MS Glow.  

Downloads

Published

2022-06-30