ANALISIS FUNGSI KOORDINASI PADA KOPERASI SIDOWALUYO BELITANG MULYA OKU TIMUR

Authors

  • Wenti Anggraini STIE Trisna Negara, Belitang, OKU Timur, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.47232/aktual.v15i2.18

Keywords:

Analisi, SWOT, Koperasi, Sidowaluyo

Abstract

Dalam penelitian ini adalah untuk mempelajari sampai sejauh mana sistem koordinasi yang telah dijalankan oleh Koperasi Sidowaluyo dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan dan bagaimana upaya selanjutnya agar Koperasi Sidowaluyo dapat lebih maju pada masa yang akan datang. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan alat analisis yang disebut metode SWOT (Sarenght, Weakness, Opportunity, and Theeats). Yaitu dengan menentukan: Kekuatan, Kelemahan, Kesempatan, dan Amcaman.Pengambilan data dilakukan peneliti adalh dengan melalui penyebaran quisioner/daftar pertanyaan yang diserahkan pada para anggota Koperasi Sidowaluyo Belitang Mulya OKU Timur. Dari hasil pemahasan dan data yang didapat, maka hal yang dapat dimasukan dalam kategori kekuatan adalah Unit – unit Usaha yang dijalankan cukup banyak, pelayanan karyawan cukup cepat. Dan yang termasuk dalam kelemahan koperasi Sidowaluyo adalah kadang- kadang produk yang dibutuhkan anggota kurang tersedia, pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) kurang berjalan dengan baik. Yang termasuk dalam kesempatan adalah mengadakan prommise yang lebih giat, kesempatan untuk memperluas usaha masing – masing mempunyai peluang yang banyak. Yang termasuk tatangan adalah semakin banyak saingan.

References

Amin Wijaya Tunggal, Manajemen Suatu Pengantar, Cetakan Kesatuan, Penerbit Gunung Agung, Jakarta, 2003
Basu Swasta DH dan Irawan, Manajemen Pemasaran Moderen, Leberti Yogyakarta, 2005
Yayat Harujito, Dasar – dasar Manajemen, Jakarta : PT.Grasindo 20011
Flippo, Prinsip – prinsip Manajemen Personalia, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2002.
George R. Terry, Prinsip – Prinsip Manajemen, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta, 2005.
Malayu S.P Hasibuan, Manajeman Sumber Daya Manusia, Penerbit Bumi Aksara, 2008.
M. Manullang, Dasar-Dasar Manajeman, Penerbit Ghalia Indonesia, 2002.
T. Hani Handoko, Manajeman, Edisi Keenam, Penerbit Fakultas Ekonomi UGM, 2002.
William H. Newman, Manajeman Pemasaran, BPFE UGM Yogyakarta, 2002.

Downloads

Published

2017-12-13