City Branding Kota Semarang: Pengaruh Brand Distinctiveness, Brand Social Benefit, Memorable Brand Experience, Brand Attractiveness Pada Customer Brand Identification
City Branding, Brand Distinctiveness, Brand Social Benefit, Memorable Brand Experience, Brand Attractiveness, Customer Brand Identification
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menguji peran brand distinctiveness, brand social benefit, memorable brand experience, brand attractiveness pada customer brand identification (CBI) pada kota semarang. Dalam penelitian ini mengambil responden para wisatawan yang berkunjung di kota Semarang sebagi populasi. Sedangkan metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan kriteria responden adalah pengunjung destinasi wisata di kota Semarang. Survay ini membagikan 300 kuesioner kepada pengunjung destinasi wisata di kota Semarang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan structural equation modelling. Hasil penelitian menunjukkan Brand attractiveness, Brand distinctiveness terbukti secara empiris berpengaruh signifikan terhadap customer brand identification. Sedangkan Brand social benefits tidak berpengaruh signifikan terhadap brand attractiveness tetapi secara langsung berpengaruh signifikan terhadap customer brand identification. Memorable brand experience berpengaruh secara signifikan terhadap brand attractiveness namun tidak terbukti secara empiris berpengaruh signifikan terhadap customer brand identification. Brand distinctiveness dan memorable brand experience berpengaruh tidak langsung terhadap customer brand identification melalui mediasi brand attractiveness. Adapun brand social benefit tidak ditemukan bukti empiris pengaruh tidak langsungnya melalui mediasi brand attractiveness.