PENGARUH ORDER TIMING PROCESS SPARE PART SEPEDA MOTOR DAN QUALITY SERVICE MOTOR TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN AHASS KABUL MOTOR LEMBEYAN MAGETAN

Authors

  • Didik Wahyudi Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Setyo Adji Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Dwi Warni Wahyuningsih Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.47232/aktual.v20i2.189

Keywords:

Order Timing Process, Quality Service, Loyalitas Pelanggan.

Abstract

Era modern saat ini transportasi merupakan salah satu kebutuhan yang memberikan pengaruh cukup dominan di kehidupan masyarakat terutama di Indonesia. Hal ini dapat di lihat melalui lonjakan terhadap permintaan kendaraan pribadi terutama kendaraan bermotor yang terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Dalam rangka memberikan pelayanan purna jual terhadap pelanggan secara maksimal, maka para produsen atau head store telah membuka officially spare parts outlet yang terdapat di bengkel atau cabang resmi yang telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia, salah satu officially spare parts outlet yang memiliki customer cukup banyak adalah bengkel AHASS (Autorized Honda Service Station) yang melayani perbaikan sepeda motor secara berkala. Manajemen rantai pasokan spare part merupakan masalah yang cukup kompleks di AHASS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  Order timing process spare part dan Quality Service yang baik terhadap loyalitas pelanggan di bengkel AHASS Kabul Motor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif. Data dari penelitian ini diperoleh dengan menyebarkan kuisioner kepada responden pelanggan AHASS Kabul Motor Lembeyan magetan dan wawancara dengan pihak perusahaan, Populasi dalam penelitian ini adalah responden yang terdaftar di database AHASS Kabul Motor Magetan terhitung dari bulan November 2021 hingga April 2022 yang berjumlah 150 Orang. Teknik pengambilan  sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non Probability Sampling, Adapun perhitungan rumus yang di gunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengaplikasikan rumus slovin. Kemudian di tetapkan bahwa sampel yang di hasilkan adalah sebanyak 109 responden. Namun atas pertimbangan waktu dan tenaga maka peneliti menggunakan 100 responden yang di anggap layak sebagai responden. Uji yang digunakan dalam mengolah data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Koefisien Determinasi , Uji T, dan Analisis regresi linear berganda, analisis dalam penelitian ini menggunakan software SPSS 20  Hasil penelitian ini menunjukkan hasil bahwa: 1) Variabel Order timing Process (X1) memiliki nilai yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y). Hal ini dapat di artikan bahwa semakin efisien Order timing process Spare part yang ada di perusahaan maka akan berdampak secara signfikan terhadap loyalitas pelanggan. 2) Quality Service (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y). Hasil ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memegang peranan penting terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi tingkat Quality Service yang di berikan perusahaan, maka hal ini akan berpengaruh terhadap meningkatnya loyalitas pelanggan. 3) Hasil uji asumsi klasik peneliti melakukan tiga langkah uji yaitu uji normalitas, multikolinearitas dan heterokedastisitas. Berdasarkan hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data dalam penelitian ini nilai signifikansi menunjukkan 0,576 > 0,05, sehingga dapat dinyatakan bahwa data terdistribusi normal. 

Downloads

Published

2022-08-12