STRATEGI KEWIRAUSAHAAN MENINGKATKAN KINERJA UMKM

Authors

  • Iskandar Iskandar Universitas Kuningan, Kuningan, Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.47232/aktual.v20i2.190

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan pembelajaran organisasional terhadap kualitas aset stratejik, dan juga pengaruh kualitas aset stratejik terhadap kinerja umkm makanan halal khas Cirebon. Penelitian ini dilakukan pada UMKM Makanan Halal Khas Cirebon, responden yang digunakan sebanyak 200 responden. Data diolah dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program Analysis of Moment Structure (AMOS) versi 23,0. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kualitas aset stratejik menunjukkan nilai CR sebesar -0,338 dan dengan probabilitas sebesar 0,735, pengujian pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja bisnis menunjukkan nilai CR sebesar 2,499 dan dengan probabilitas sebesar 0,012, orientasi pasar terhadap kualitas aset stratejik menunjukkan nilai CR sebesar 2,344 dan dengan probabilitas sebesar 0,035, orientasi pasar terhadap kinerja bisnis menunjukkan nilai CR sebesar 2,362 dan dengan probabilitas sebesar 0,031, pengujian pembelajaran organisasional terhadap kualitas aset stratejik menunjukkan nilai CR sebesar 4,881 dan dengan probabilitas sebesar 0,001., pengujian pengaruh pembelajaran organisasional terhadap kinerja bisnis menunjukkan nilai CR sebesar 1,351 dan dengan probabilitas sebesar 0,177, pengaruh kualitas aset stratejik terhadap kinerja bisnis menunjukkan nilai CR 2,067 sebesar dan dengan probabilitas sebesar 0,039.Kata Kunci : Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Pembelajaran Organisasional, Kualitas Aset stratejik, Kinerja Bisnis

Downloads

Published

2022-07-29