PENGARUH WORD OF MOUTH, PRICE PERCEPTION DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BRAND ELZATTA HIJAB (Studi Kasus Pada Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Authors
Zera Novika Syahmuna
Program Studi Manajemen, Universitas, Muhammadiyah Ponorogo
Heri Wijayanto
Program Studi Manajemen, Universitas, Muhammadiyah Ponorogo
Wahna Widhianingrum
Program Studi Manajemen, Universitas, Muhammadiyah Ponorogo
Word Of Mouth, Price Perception, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian
Abstract
Perkembangan bisnis fashion hijab membuat konsumen lebih cenderung membeli hijab saat berbelanja fashion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth, price perception dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian brand elzatta hijab (studi kasus pada mahasiswi Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data dari penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan pernyataan tertulis kepada responden dan dianalisis menggunakan aplikasi software SPSS 25. Populasi dalam penelitian adalah Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Ponorogo sebanyak 2.685 mahasiswi. Sampel dalam penelitian berjumlah 96 mahasiswi dengan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Uji yang digunakan dalam mengolah data menggunakan Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Analisis Koefisien Determinasi , Uji T dan Uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh antara word of mouth terhadap keputusan pembelian brand elzatta hijab pada Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Ponorogo. (2) Terdapat pengaruh antara price perception terhadap keputusan pembelian brand elzatta hijab pada Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Ponorogo. (3) Terdapat pengaruh antara gaya hidup terhadap keputusan pembelian brand elzatta hijab pada Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Ponorogo. (4) Terdapat pengaruh antara word of mouth, price perception dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian brand elzatta hijab pada Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Ponorogo.