Semakin tingginya persaingan bisnis UMKM pada era teknologi saat ini membuat para pelaku UMKM harus berusaha lebih keras dalam meningkatkan keuntungan, meningkatkan kualitas produk dan layanan, memperluas pangsa pasar dan memelihara loyalitas pelanggan. Adapun cara yang dapat dilakukan oleh UMKM adalah dengan meningkatkan efisiensi dan efektifitas pada proses bisnis UMKM itu sendiri melalui penerapan arsitektur bisnis, strategi pemasaran yang dapat membantu UMKM dalam menjalankan bisnisnya. Untuk mewujudkan proses bisnis yang berkesinambungan maka dibutuhkan suatu keselarasan antara proses bisnis, fungsi pemasaran  yang mampu dapat mendukung, meningkatkan, mengubah atau bahkan menemukan suatu bisnis proses atau sistem bisnis dalam menciptakan nilai lebih bagi pelanggan baru maupun pelanggan eksisting atau lebih dikenal sebagai konsep strategi pemasaran, dan arsitektur bisnis.  Sesuai dengan dilakukannya penerapan arsitektur bisnis, fungsi pemasaran terhadap UKM kampung batik Laweyan maka diusulkan suatu model umum arsitektur bisnis yang dapat digunakan oleh UMKM (produksi barang, penyedia jasa dan penjualan barang) dengan cara menerapkan strategi pemasaran  Â