PENGARUH PROMOSI TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN WISATAWAN PADA OBJEK WISATA GOA PUTRI DI KABUPATEN OGAN KOMERING ULU

Authors

  • Rini Apriyani Program Studi Manajemen, STIE Dwi Sakti Baturaja, OKU Timur, Sumatera Selatan
  • Meri Marina Program Studi Manajemen, STIE Dwi Sakti Baturaja, OKU Timur, Sumatera Selatan
  • Harby R Wiralaga Program Studi Manajemen, STIE Dwi Sakti Baturaja, OKU Timur, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.47232/aktual.v16i1.7

Keywords:

Promosi, Tingkat Kunjungan Wisatawan.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tentang pengaruh promosi terhadap tingkat kunjungan wisatawan pada objek wisata Goa Putri di Kabupaten Ogan Komering Ulu. Berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan, promosi berpengaruh terhadap tingkat kunjungan wisata pada objek Wisata Goa Putri di Kabupaten Ogan Komering Ulu ini dapat dilihat dari hasil persamaan regresi Y = 1,639 + 0,605X artinya konstanta sebesar 1,639, hal ini menunjukkan jika tidak ada promosi (X) maka tingkat kunjungan wisatawan (Y) hanya sebesar 1,639. Nilai koefisien regresi promosi (X) = 0,605, hal ini menunjukkan jika promosi mengalami peningkatan sebesar satu satuan maka kunjungan wisatawan (Y) juga meningkat sebesar 0,605. Nilai korelasi (R) adalah 0,974 yang berarti hubungan antara promosi dan tingkat kunjungan wisatawan pada objek Wisata Goa Putri di Kabupaten Ogan Komering Ulu dinyatakan sangat kuat karena berada pada nilai antara 0,80 – 1,000. Nilai koefisien determinasi (R square) adalah sebesar 0,949 atau 94,9% ini berarti variabel promosi (X) mempengaruhi variabel tingkat kunjungan wisatawan (Y) pada objek Wisata Goa Putri di Kabupaten Ogan Komering Ulu sebesar 94,9%. Dan hasil pengujian hipotesis telah membuktikan bahwa promosi berpengaruh terhadap tingkat kunjungan wisatawan melalui hasil perhitungan yang telah dilakukan didapat nilai thitung sebesar 42,850, sedangkan ttabel sebesar  1,984  yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha.

References

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian (suatu pendekatan praktik). PT.Rineka Cipta. Jakarta.

Kotler, Philip, 1997. Manajemen Pemasaran :Sudut Pandang Asia. PT INDEKS Kelompok Gramedia.

Nazir, M. 2008. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Nirwandar, 2013. Pariwisata di Indonesia. http://internet, repository.upi.edu jam 21.06

Novena, Kriskaritta, Vesia, 2013. Pengaruh Bauran Promosi terhadap keputusan Kunjungan Konsumen Pariwisata. Fak. Ekonomi Kabupaten Semarang.

Hasibuan, Malayu SP. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Bumi Aksara: Jakarta.

http://internet. Panduanskripsi.com Jam 13.19

http://website.GoaPutri.KabupatenOganKomeringUlu.co.id

Pendit. S, Nyoman. 1999, Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana, Jakarta: Pradnya Paramita.

Priyatno,Dwi, 2008. Analisis Statistik dengan SPSS. Liberty Offset. Yogyakarta.

Riduan dan Sunarto, 2008. Pengantar Statistik. Alfabeta. Bandung.

Rinto Heriyadi, 2012. Strategi Kampanye Persuasi Partai Golongan Karya Kabupaten Ogan Komering Ulu. Fisip UBR.

Soekadijo. R. G. 2000, Anatomi Pariwisata, Memahami Pariwisata Sebagai Sistematic Linkage, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Swasta DH, Basu dan Handoko, T.Habi 2008. Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen, Edisi Pertama. Cetakan kedua. Yogyakarta: Liberty.

Downloads

Published

2019-04-30