Pendampingan Orangtua Dalam Pelestarian Cinta Membaca Cerpen Untuk Anak Sekolah Dasar Sistem Door To Door Dalam Rangka Memutus Rantai Penularan Covid-19 Di Perumahan Pesona Citra Cemerlang 2 Tarakan
Main Article Content
Abstract
Anak sekolah tidak boleh lengah dari dunia pendidikan, sehingga turut serta berbagai pihak untuk tetap melangsungkan pembelajaran kepada anak-anak di masa pandemi covid-19 saat ini tentu sangat dibutuhkan. Khusnya di wilayah Tarakan nampak jelas kebingungan anak-anak dan orang tua untuk memulai belajar di rumah. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan luaran dalam bentuk 1) laporan kegiatan mengenai pendampingan pendampingan orangtua dalam pelestarian cinta membaca cerpen untuk anak sekolah dasar sistem door to door dalam rangka memutus rantai penularan covid-19 di perumahan pesona citra cemerlang 2 tarakan. 2) dokumentasi kegiatan. 3) Rencana capaian program kemitraan bagi masyarakat ini berupa prosind atau publikasi ilmiah jurnal. Dari kegiatan tersebut ternyata mampu menunjukkan hasil positif terhadap siswa. Hal ini dapat diketahui bahwa siswa sangat senang membaca cerpen yang diberikan karena (1) cerpen yang dibaca bernilai edukatif (2) cerpen yang dibaca lebih ringan dan sesuai tingkat umurnya.
Kata kunci: membaca, cerpen, pelestarian.
Abstract
School children should not be careless from the world of education, so the participation of various parties to continue to carry out learning for children during the current COVID-19 pandemic is certainly needed. Especially in the Tarakan area, it is clear that children and parents are confused about starting learning at home. This activity is expected to provide outcomes in the form of 1) activity reports regarding parental assistance in preserving the love of reading short stories for elementary school children with a door to door system in order to break the chain of transmission of covid-19 in the Charm Citra Brilliant 2 Tarakan housing estate. 2) activity documentation. 3) The planned achievement of the partnership program for the community is in the form of proceedings or scientific journal publications. From these activities, it turned out to be able to show positive results for students. It can be seen that students are very happy to read the short stories given because (1) the short stories read have educational value (2) the short stories read are lighter and according to their age level.
Keywords: reading, short stories, preservation.
Article Details
References
Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.
Tarigan. Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.