PENGABDIAN MASYARAKAT DENGAN STRATEGI PENDEKATAN EDUKATIF, KOLABORATIF, DAN SEMANGAT MELAWAN COVID-19
Main Article Content
Abstract
Kuliah Kerja Nyata(KKN) yang dilaksanakan oleh Universitas Islam Batik Surakarta (UIBS) ini adalah salah satu bentuk perwujudan dari Tri Dharma dalam Perguruan Tinggi yang salah satunya merupakan pengabdian kepada seluruh masyarakat. Pengabdian merupakan wujud nyata dari ilmu yang didapatkan dalam bentuk berdasarkan teori selama proses pembelajaran pada saat kuliah untuk diterapkan secara langsung di kehidupan bermasyarakat di Desa Madegondo ini. Seluruh Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dirancang dengan tujuan untuk memupuk profesionalitas dan mengembangkan kompetensi bagi mahasiswa peserta KKN sebagai calon sarjana. Kegiatan KKN ini berpedoman pada tiga bidang pembelajaran, yaitu bidang pembelajaran pendidikan dasar menengah dalam masa pandemi, pemberdayaan masyarakat, dan dakwah Islamiyah. Program kegiatan KKN ini mengusung konsep pendekatan edukatif dan kolaboratif. KKN ini bertujuan untuk melatih dan menanamkan nilai kepribadian, perilaku, sikap, cara kerja yang baik, membangun sikap optimis, kemandirian, baik bagi mahasiswa maupun masyarakat di tengah pandemi Covid-19.
Â
Kata Kunci:Program Kegiatan, Edukasi, Pembelajaran
 bstract
The Real Work Lecture (KKN) conducted by the Surakarta Batik Islamic University (UIBS) is a form of embodiment of the Tri Dharma in Higher Education, one of which is service to the entire community. Devotion is a tangible manifestation of the knowledge gained in the form based on theory during the learning process during college to be applied directly in social life in Madegondo Village. All Real Work Lecture Programs (KKN) are designed with the aim of fostering professionalism and developing competencies for students participating in KKN as prospective undergraduates and with the hope of having a more meaningful impact on students and the surrounding community. This KKN activity is guided by three learning areas, namely primary and secondary education during a pandemic, community empowerment, and Islamic da'wah. This KKN activity program carries the concept of an educative and collaborative approach. This Community Service Program aims to train and instill the values of personality, behavior, attitudes, good ways of working, build an optimistic attitude, independence, both for students and the community in the midst of the Covid-19 pandemic.
Â
Keywords:Program Activities, Education, Learning
Article Details
References
Dahlan, Universitas Ahmad. 2019. “Desa / Kelurahan Kabupaten / Kota : Pakel : Planjan : Saptosari : Gunung Kidul : Daerah Istimewa Yogyakarta.â€
Harususilo, Y.E. 2020. Mendikbud Nadiem: Mulai Senin Siswa Bisa Belajar dari Rumah lewat TVRI. https://www.kompas.com/edu/read/2020/04/09/182324371/mendikbud-nadiem-mulai-senin-siswa-bisa-belajar-dari-rumah-lewat-tvri. Diakses pada 11 November 2021.
Ninla Elmawati Falabiba et al. 2014. “済無No Title No Title No Title.†Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents 5(2): 40–51.
Sudarwati et al. 2020. “Melalui KKN Tematik Covid – 19 Uniba Tahun 2020 Membudayakan Hidup Sehat Di Era New Normal Sebagai Upaya Melawan Covid- 19.†02(01): 43–49.
Tarigan S.F.N dan T.S. Maksum. 2020. Sosialisasi dan Pengembangan Potensi Desa Melalui Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Virus COVID-19. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/sibermas/article/view/7746/pdf. Diakses pada 12 November 2021.
Wambrauw, Yustina L. D., Lukas Y. Sonbait, and Mulyadi Mulyadi. 2020. “Pengembangan Masyarakat Melalui KKN Merdeka Belajar Dalam Pengembangan Kemandirian Di Tengah Pandemi Covid 19 Distrik Warmare Kabupaten Manokwari.†IGKOJEI: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1): 42.
Wu, Yu et al. 2020. “Effects of Temperature and Humidity on the Daily New Cases and New Deaths of COVID-19 in 166 Countries.†Science of the Total Environment 729: 1–7.