PEMBERDAYAAN EKONOMI IBU PKK MELALUI USAHA TELUR ASIN ANEKA RASA

Main Article Content

Muhammad Iqbal Fawwaz
Muhammad Fikri Akbar
Madziatul Churiyah
Sholikhan Sholikhan

Abstract

Usaha kecil menengah mempunyai peran yang sangat strategis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Demikian pula yang terjadi di Kota Malang, khususnya di RW 3 Kelurahan Mergosono Kecamatan Kedungkandang, bahwa sebagian besar penduduknya menggantungkan hidupnya pada usaha kecil. Salah satu usaha yang ditekuni oleh ibu-ibu di wilayah RW 3 Kelurahan Mergosono adalah membuat telur asin. Usaha ini telah dilakukan sekitar 5 tahun yang lalu. Mula-mula usaha membuat telur asin ini hanya sekedar mengisi waktu luang bagi ibu-ibu dan membuat telur asin hanya untuk keperluan sendiri, tetapi lambat laun menjadi usaha sambilan sebagai tambahan pendapatan. Hingga saat ini ada 10 orang ibu yang membuat telur asin dan masuk dalam kelompok usaha telur asin. Produksinya juga terus meningkat. Namun demikan masih ada beberapa kendala yang dihadapi kelompok usaha telur asin ini, yaitu: 1) produksi telur asin hanya 1 macam rasa sedangkan kemauan konsumen aneka rasa; 2) kemampuan ibu-ibu dalam memilih telur yang baik untuk telur asin masih lemah, hanya sekedar “feelingâ€; 3) Produksi telur belum diberi label yang baik; 4) pengemasan produk belum ada, penjualan masih dibungkus tas kresek; 5) pemasaran produk masih “door to doorâ€; 6) belum ada pembukuan usaha. Upaya yang direncanakan yaitu memberikan pelatihan dan pendampingan tentang: 1) membuat telur asin hanya aneka rasa; 2) Cara memilih telur yang baik untuk telur asin; 3) Pelabelan dan pengemasan produk 4) pemasaran produk dan 5) pembukuan usaha.

 

Kata Kunci: Pemberdayaan ibu rumah tangga, Telur asin aneka rasa, UKM

Article Details

Section
Articles

References

Putra, A.H. 2016. Peran UMKM dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat
Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi Oktober 2016, 5(2): 40-52.
P. O. Hadi Putra dan H. B. Santoso, “Contextual factors and performance impact of e-business use in Indonesian small and medium enterprises (SMEs),” Heliyon, vol. 6, no. 3, hlm. e03568, Mar 2020, doi: 10.1016/j.heliyon.2020.e03568.
H. Wahyono, B. S. Narmaditya, A. Wibowo, dan J. Kustiandi, “Irrationality and economic morality of SMEs’ behavior during the Covid-19 pandemic: lesson from Indonesia,” Heliyon, vol. 7, no. 7, hlm. e07400, Jul 2021, doi: 10.1016/j.heliyon.2021.e07400.
Noor, M. 2011. Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah CIVIS, Volume I, No 2, Juli 2011.