Pengembangan Minat dan Bakat Membawa Anak Menjadi Produktif dan Kreatif

Main Article Content

Berlianti Berlianti
Dhea Novalia Hutapea

Abstract

pandemi Covid-19. Kegiatan belajar mengajar yang seharusnya dilaksanakan di sekolah sekarang dapat dilakukan dari rumah menggunakan media teknologi. Hal ini tidak berlangsung dengan mudah, banyak ditemukan kendala atau permasalahan, seperti anak-anak mengalami kesulitan mulai dari kesulitan penggunaan aplikasi, kesulitan memahami materi, kurangnya sosial, dan turunnya produktivitas dan kurangnya berkreativitas. Terkhususkan kepada penurunan produktivitas dan kreativitas membuat anak-anak menjadi lebih mudah bosan dan cendurung hanya berdiam diri dikarenakan mereka tidak tahu kegiatan apa yang dapat dilakukan. Melalui kegiatan PKL I di Panti Asuhan Kasih Setia Sumut ditemukan salah seorang anak yang merasa kesehariannya tidak menyenangkan, mudah jenuh dan membuatnya lebih sering berdiam diri. Maka dengan menggunakan tahapan CaseWork (Skidmore dalam Adi, 2013) untuk membantu permasalahan klien. Membantu mengenalkan dan mengarahkan klien kepada minat dan bakatnya dengan tujuan dapat membuat klien mengembangkan diri menjadi pribadi yang produktif dan kreatif.

Kata kunci: Minat dan bakat, Produktif, Kreatif

Abstract

Due to the covid-19 pandemic, much activity has been avoided. House restrictions even exist that barus shut down temporarily school is one that feels the effects of the covid-19 pandemic. Learning activities that I would normally carry out in school can now be told from numah using technological media that don't take off easily many of the problems or problems, such as children having difficulty with application usage difficulties, understanding the content of the lack of social and a fall in productivity and a lack of creativity. Devoted to reductions in productivity and creativity make children more easily bored and idle because they do not know what activities can be done through social activities at the sumut charity orphanage discovered one of the children who felt his daily life was bad enough to get bored and put him in more silence so by using the casework stages (skidmore in adi, 2013) to help kien's problem help introduce and direct the client to his interests and talents in order to encourage the client to develop into productive and creative personalization

Key words: Interest and Talent, Productive, Creative

Article Details

Section
Articles

References

Rukminto Adi, Isbandi. 2015. Kesejahteraan Sosial. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Anggraini.I. A, Utami. W. D, & Rahma. S. B. (2020). Mengidentifikasi Minat Bakat Siswa Sejak Usia Dini di SD Adiwiyata. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 161-169.
Fakhriyani, Diana. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains, 4(2), 193-200.
Heldanita Heldanita. (2019). Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(1), 53–64.
Indah, A. A., Utama, W. D, & Rahma, S. B. (2020). Analisis Minat dan Bakat Peserta didik terhadap Pembelajaran. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 23-28.