PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN PADA UKM

Main Article Content

Arifin Djakasaputra
Andrico Julianto
Richard Kuswandi

Abstract

Pembelajaran  kewirausahaan sangat penting dalam menjalankan wirausaha. Jika semakin banyak pebisnis  berpendidikkan peluang untuk sukses dalam  menjalankan wirausaha semakin besar. Melalui pembelajaran kewirausahaan keberhasilan pembangunan sosial-ekonomi usaha terutama usaha kecil menengah akan   berkelanjutan, karena kewirausahaan mengacu pada tugas yang inovatif, pembelajaran kewirausahaan mengacu pada  kegiatan yang inovatif.Lebih khusus lagi dengan pembelajaran wirausaha berarti mempersiapkan bisnis untuk berkembang  Mitra yang menjadi kegiatan PKM memiliki usaha kuliner kue cake dengan merek Asha Snack, Cake & Cookies yang berlokasi di Jambi.  Melalui observsasi awal dengan mitra kegiatan PKM terdapat permasalahan mitra yang belum memiliki pengetahuan kewirausahaan secara optimal. Usaha yang dilakukan mitra hanya berdasarkan pada autodidak semata. Mitra berkeinginan mendaptkan bekal pembelajaaran tentang kewirausahan. Metode yang ditawarkan pada kegiatan adalah pelatihan/sosialisasi tentang pemahaman dasar bisnis kecil dan kewirausahaan,  wirausaha yang sukses dan lainnya.  Hasil kegiatan menunjukkan mitra telah mendapatkan bekal pengetahuan tentang pembelajaran kewirausahaan sebagai bekal dalam menjalankan usaha. Terutama dapat melakukan perbaikan dalam menjaga kelangsungan hidup usaha dimasa depan.

Article Details

Section
Articles

References

Fayolle, A. and Gailly, B. (2015), "The impact of entrepreneurship education on entrepreneurial attitudes and intention: Hysteresis and persistence", Journal of Small Business Management, Vol. 53 No. 1, pp. 75-93.
Harry Matlay, P., Blenker, P., Trolle Elmholdt, S., et al. (2014), "Methods in entrepreneurship education research: a review and integrative framework", Education+Training, Vol. 56 No. 8/9, pp. 697-715.
Harry Matlay, P. and Dehghanpour Farashah, A. (2013), "The process of impact of entrepreneurship education and training on entrepreneurship perception and intention: Study of educational system of Iran", Education+Training, Vol. 55 No. 8/9, pp. 868-885.
Klinger, B. and Schündeln, M. (2011), "Can entrepreneurial activity be taught? Quasi- experimental evidence from Central America", World Development, Vol. 39 No. 9, pp. 1592-1610.
Kwiek, M. (2012), "Universities, regional development and economic competitiveness: The Polish case", in Pinheiro, R., Benneworth, P. and Jones, G.A. (Ed.), Universities and Regional Development: A Critical Assessment of Tensions and Contradictions, Routledge, New York, pp. 69-85.
Molle, W. and Djarova, J. (2009), Enhancing the effectiveness of innovation: New roles for keyplayers, Edward Elgar Publishing, Cheltenham, UK.
Pittaway, L., & Edwards, C. (2012). Assessment: examining practice in entrepreneurship education. Education+ Training, 54(8/9), 778-800.
Sánchez, J.C. (2011),"University training for entrepreneurial competencies: Its impact on intention of venture creation", International Entrepreneurship and Management Journal, Vol. 7 No. 2, pp. 239-254.
Taatila, V.P. (2010), "Learning entrepreneurship in higher education", Education+Training, Vol. 52 No. 1, pp. 48-61.