LITERASI KEUANGAN BAGI SISWA SMA/SMK SEBAGAI GENERASI MUDA MELEK KEUANGAN
Main Article Content
Abstract
The Covid-19 pandemic has had a huge impact on the family economy. the existence of large-scale restrictions hampered economic activity and reduced income. Many people were not ready financially because of weak literacy. With literacy socialization to the younger generation, it is possible for a global crisis to occur in the future to be better prepared than what society is currently facing. This socialization was held online for high school students in the West Jakarta area in the form of education. Overall financial literacy education has a good impact on students, their enthusiasm for knowing financial literacy can be seen in the question session to find out more. Future activities will include hands-on training with several applications for planning and managing finances.
Keywords: young generation, financial literacy, global economic crisis.
Â
Ringkasan. Pandemi covid-19 memberikan dampak yang sanagat besar bagi perekonomian keluarga. adanya Pembatasan berskala besar membuat aktivitas perekonomian terhambat dan menurunkan penghasilan. Banyak masyarakat yang tidak siap secara finansial karena lemahnya literasi. Dengan adanya sosialisasi literasi terhadap generasi muda, maka kemungkinan untuk terjadinya kondisi Krisi global di masa depan akan lebih siap dibandingkan yang dihadapi oleh masyarakat saat ini. Sosialisasi ini diadakan secara daring bagi siswa-siswi sekolah menengah atas di wilayah Jakarta Barat dalam bentuk edukasi. Secara sekeluruhan edukasi literasi keuangan memberikan dampak baik kepada siswa-siswa, antusias mereka untuk mengetahui literasi keuangan terlihat pada sesi tanya jawab untuk mengetahui lebih jauh. Kegiatan ke depan akan diadakan pelatihan langsung dengan beberapa aplikasi untuk membuat merencanakan dan mengelola keuangan.
Kata kunci: generasi muda, literasi keuangan, krisis global.
Article Details
References
OJK. (2013). Literasi Keuangan. OJK. https://www.ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/Pages/Literasi-Keuangan.aspx
Preston, A., & Wright, R. (2022). Financial Literacy Amongst Young People: When Does the Gender Gap Begin? SSRN Electronic Journal, 15287. https://doi.org/10.2139/ssrn.4114872
Putri, N. A., & Lestari, D. (2019). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Tenaga Kerja Muda di Jakarta. AKURASI: Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 1(1), 31–42. https://doi.org/10.36407/akurasi.v1i1.61
Rahmawati, T., & Nuris, D. M. (2020). Analisis Literasi Keuangan Siswa SMK Selama Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Akuntansi, Manajemen,& Keuangan5, 22–29.
Saraswati, A. M., & Nugroho, A. W. (2021). Perencanaan Keuangan dan Pengelolaan Keuangan Generasi Z di Masa Pandemi Covid 19 melalui Penguatan Literasi Keuangan. Warta LPM, 24(2), 309–318. https://doi.org/10.23917/warta.v24i2.13481
Yuesti, A., Rustiarini, N. W., & Suryandari, N. N. A. (2020). Financial literacy in the covid-19 pandemic: Pressure conditions in indonesia. Entrepreneurship and Sustainability Issues, 8(1), 884–898. https://doi.org/10.9770/jesi.2020.8.1(59)
Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 6(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14330