PENGARUH LOKASI PEMASARAN DAN PENDAPATAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SINGKONG BAPER
Main Article Content
Abstract
UMKM Singkong Baper bergerak dalam bidang kuliner menjual hasil olahan singkong menjadi keripik. Bumbu basah dicampur dalam keripik dan mempunyai rasa pedas manis dan gurih. Terselenggaranya penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar atau kecilnya keputusan pembelian konsumen Singkong Baper dipengaruhi oleh faktor lokasi pemasaran dan pendapatan konsumen. Metode kuantitatif dipakai sebagai pendekatan penelitian didukung oleh data primer yang terkumpul dari penyebaran kuesioner responden dan wawancara langsung. Regresi linear berganda digunakan sebagai teknik dalam analisa data dan data diolah dengan bantuan software SPSS 23. Responden yang dijadikan sampel penelitian sebanyak 100 orang konsumen Singkong Baper Sidoarjo. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa keputusan pembelian konsumen Singkong Baper dipengaruhi secara bersama-sama oleh faktor lokasi pemasaran dan pendapatan konsumen. Lokasi pemasaran memiliki pengaruh tetapi tidak signifikan sedangkan pendapatan konsumen mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Singkong Baper. Faktor pendapatan konsumen memiliki pengaruh yang lebih dominan ketimbang faktor lokasi pemasaran terhadap keputusan dalam pembelian keripik Singkong Baper.
Article Details
References
Ghozali, I. 2017. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IMB SPSS 23. Semarang : Universitas Diponegoro.
Heizer, Render. 2015. Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan, Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, Amstrong. 2016. Principles of Marketing Sixteenth Edition: Global Edition. England: Pearson Education Limited.
Lubis, D.P. 2018. Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Air Minum Mineral Depot Isi Ulang Berdasarkan Faktor Harga, Pendapatan dan Lokasi (Studi Kasus : Desa Tanjung Harapan A). http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1709
Sihotang, M. 2004. Konsumsi Masyarakat dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumsi. Jakarta: Pustaka Binaan Grafindo.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sujarweni, V.W. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
Sunyoto, D. 2016. Metodologi Penelitian Akutansi. Bandung : PT Revika Aditama.
Wulandari, S.T. 2020. Faktor-Faktor Yang Menentukan Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Dan Pemilihan Tipe Rumah Di Perumahan Cherry Field Kota Bandung. E-Proceedings of Management. 7(1). 193-206.