Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat ( Community Based Tourism) dan Strategi Promosi pada Tanaman Hias Desa Nglurah, Tawangmangu, Karanganyar
Main Article Content
Abstract
Karanganyar memiliki kondisi geografis yang sangat mendukung untuk budidaya tanaman hias. Sebagian besar petani berprofesi sebagai pengusaha tanaman hias, akan tetapi manajemen pemasarannya masih tradisional, yakni mengandalkan orang yang kebetulan datang ke kebun tanamannya. Oleh karena itu, penghasilan pengusaha tanaman hias masih kecil. Permasalahannya adalah fasilitas apa yang harus disediakan agar dapat meningkatkan omzet penjualan para pengusaha tanaman hias dan cara mengembangkan dan memasarkan tanaman hias agar bisa diminati wisatawan sehingga bisa meningkatkan volume penjualan. Strategi pemasaran yang dilakukan pengusaha tanaman hias. Salah satu cara yang paling efektif dalam berpromosi adalah dengan mengikuti pameran-pameran tanaman hias, memasang iklan, promosi melalui word of mouth. Untuk meningkatkan volume penjualan tanaman hias dengan metode pengembangan pariwisata berbasis masyarakat yaitu yang pertama, penduduk desa bisa menjadi pelaku pariwisata, kedua, meningkatkan konsumsi produk local, mendorong pemberdayaan tenaga kerja local, meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap nilai dan tradisi budaya lokal dan keunikan lingkungan alam yang dimiliki. Dengan melakukan strategi promosi yang tepat dan pemberdayaan masyarakat berbasis masyarakat maka akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke sentra tanaman hias Desa Nglurah , Tawangmangu , Karanganyar.
Â
Kata Kunci : Community based tourism/ pengembangan pariwisata berbasis masyarakat, strategi promosi, tanaman hias
Article Details
References
Palupi I.N.A., Santoso P.B. and Choiri M. Rekayasa e-commerce untuk mendukung pengembangan jaringan pemasaran (studi kasus pada sentra IKM Perhiasan Perak Tempuh Lumajang) [Journal] // Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri. - 2013. - Vol. 1. - pp. 358-368.
Septina Wiharyati. 2014. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Tingkat Pendapatan Pedagang Bunga di Agrowisata Tanaman Hias Tawangmangu Kabupaten Karanganyar
Umi Salamah, Wiharto, Ristu Saptono. PEMBANGUNAN E-COMMERCE UNTUK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) TANAMAN HIAS (Studi Kasus Sentra UMKM Dian Nurcery dan Mawar Indah, Tawangmangu). JOGLO, Volume XXVII No.2 – Pebruari 2015
Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Tanaman Hias di Bursa dan Pelelangan Menggung Forest Art 2 Kecamatan Tawangmangu Erlina Novita Sari, Muhammad Elsa Santosa, Muhammad Fariskan Anggara and Agung Prasetyo. Agricultural Socio-economic Empowerment and Agribusiness Journal Volume 1, Nomor 1, 1-9, June 2022 URL: https://jurnal.uns.ac.id/agrisema/article/view/61336 DOI: http://dx.doi.org/10.20961/agrisema.v1i1.61336
I Wayan Pantiyasa . 2011. PENGEMBANGAN PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT (COMMUNITY BASED TOURISM) DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi kasus di Desa Bedulu, Blah Batuh, Gianyar). STPBI Denpasar