PELATIHAN STRATEGI MEREK PADA UKM

Main Article Content

M Tony Nawawi
Iisnuraisyah Fatmala Sari
Mariana Tasya

Abstract

Merek merupakan salah satu faktor penting dalam strategi pemasaran. Artinya merek tidak berdiri sendiri, ia harus sejalan dengan komponen- komponen strategi pemasaran yang lain. Semua perusahaan sudah tentu menginginkan mereknya dikenal dan menduduki posisi yang tinggi dan kuat di pasar. Merek yang kuat dan terkenal dan memiliki peluang yang besar dalam mendominasi pasar. Tujuan kegiatn ini membantu UKM agar dapat meningkatkan pengetahuan tentang merek  yang meliputi ekuitas merek serta komponen komponen dalam ekuitas merek.  Mitra yang menjadi tempat kegiatan PKM bergerak pada usaha kuliner yang berdomisili di Jambi.

Metode yang ditawarkan ke mitra adalah pelatihan/sosialisasi yang meliputi pengenalan tentang merek, ekuitas merek, komponen komponen dalam ekuitas merek yang meliputi , Asosiasi Merek Kesetiaan Merek, Kesadaran Merek, dan Citra. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa kegiatan sosialisasi berjalan lancar, mitra dapat memiliki  pengetahuan tentang  merek, dimana melalui merek yang kuat dapat meningkatkan daya saing produk mitra.  

Article Details

Section
Articles

References

Aaker, D. A., & Biel, A. L. (2009). Brand Equity & Advertising: Advertising's Role in Building Strong Brands. New York: Digital Printing by Psychology Press.
Camiciottoli, B. C., Ranfagni, S., & Guercini, S. (2014). "Exploring brand associations: an innovative methodological approach". European Journal of Marketing, 48(5/6), 1092-1112.
Fariba Esmaeilpour. (2015). “The role of functional and symbolic brand associations on brand loyalty: a study on luxury brands”, Journal of Fashion Marketing and management: An International Journal, Vol. 19 iss 4pp.
Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. England: Pearson Education Limited.
Lara Stocchi, Rachel Fuller. (2017). “A Comparisson of brand equity strength a cross consumer segments and markets”, Journal of product & Brand management, Vol. 26 Issue:5,pp.453-468.
Ravi Pappu Pascale G. Quester (2016). “How does brand innovativeness affect brand lotalty?” European Journal of Marketing.
Romaniuk, J., Wight, S., & Faulkner, M. (2017). "Brand awareness: revisiting an old metric for a new world". Journal of Product & Brand Management.
Shabbir, M. Q., Khan, A. A., & Khan, S. R. (2017). "Brand loyalty brand image and brand equity : the mediating role of brand awareness”. International Journal of Innovation and Applied Studies, 19(2), 416-423.
Yoo, B., Donthu, N., & Lee, S. (2001). An examination of selected marketing mix elements and brand equity. Journal of the Academy of Marketing Science, 28(2), 195-211.