FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN ( STUDI KASUS ) DI PUSKESMAS BANGSA NEGARA OGAN KOMERING ULU TIMUR

Isi Artikel Utama

Sinta Permatasari
Ruliyansa Ruliyansa

Abstrak

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan (Studi Kasus) Di Puskesmas Bangsa Negara Ogan Komering Ulu Timur. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah bagimana pengaruh tingkat kepuasan terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Bangsa Negara Ogan Komering Ulu Timur. Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Bangsa Negara Ogan Komering Ulu Timur. Hipotesis yang digunakan adalah pengaruh tingkat kepuasan terhadap pelayanan kesehatan yang ingin diraih oleh Puskesmas Bangsa Negara Ogan Komering Ulu Timur terdapat hubungan yang kuat. Tehnik pengumpulan data dengan mengadakan wawancara, observasi dokumentasi, studi keperpustakaan dan quisioner, dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Data yang diambil menggunakan quisioner yang dibagikan kepada 32 responden pegawai Puskesmas Bangsa Negara Ogan Komering Ulu Timur. Jenis penelitian, yaitu bertujuan untuk memperjelas/menerangkan pengaruh dari beberapa variabel, adapun yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Di Puskesmas Bangsa Negara Ogan Komering Ulu Timur yang berjumlah 32 responden untuk menguji pengaruh dari masing-masing variabel digunakan analisis regresi linear berganda.Tujuan hasil penelitian, dari hasil pengolahan data yang dilakukan dapat diketahui bahwa regresi Y= 0,150 + 0,911 X1 + 0,126 X2 sangat signifikan dan linear artinya konstanta sebesar 0,150 menyatakan jika tidak ada tingkat kepuasan masyarakat maka pelayanan kesehatan Di Puskesmas Bangsa Negara Ogan Komering Ulu Timur akan tetap sebesar 0,150, koefisien regresi X1 sebesar 0,911 menyatakan bahwa setiap penambahan 1 poin skor tingkat kepuasan akan meningkatkan pelayanan kesehatan Di Puskesmas Bangsa Negara Ogan Komering Ulu Timur sebesar 0,911 poin, koefisien regresi X2 sebesar 0,126 menyatakan bahwa setiap penambahan 1 poin tingkat kepuasan meningkatkan pelayanan kesehatan Di Puskesmas Bangsa Negara Ogan Komering Ulu Timur sebesar 0,126 poin. Saran/rekomendasi, Puskesmas Bangsa Negara Ogan Komering Ulu Timur berkaitan dengan peningkatan tingkat kepuasan karyawan yang sesuai, tentang pelayanan kesehatan diperlukan peningkatan pelayanan yang maksimal serta pengadaan alat-alat medis yang mencukupi.

 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Permatasari, S., & Ruliyansa, R. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN ( STUDI KASUS ) DI PUSKESMAS BANGSA NEGARA OGAN KOMERING ULU TIMUR. Jurnal Trisna Riset, 1(2), 51–58. https://doi.org/10.56327/trisnariset.v1i2.61
Bagian
Articles

Referensi

Allan, Jane, 1991. Mengatasi Masalah Manusia di dalam Organisasi. Jakarta: Binarupa, aksara.
Anwar, Dessy, 2001. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Karya Abditama.
Buyung A. Safei, 2003. Evaluasi Kinerja (Performance Apraisale) tentang Kinerja dan Evaluasi Kinerja (Bahan kuliah MM Trisna Negara Belitang).
Handoko, Hani T, 1985. Manajemen, Yogyakarta: BPFE.
Keith Davis, 1982. Humas Behavior at Work.
Program Pascasarjana STIE Trisna Negara, 2008. Pedoman Penyusunan Tesis MM STIE Trisna Negara Cetakan ke-13. Belitang
Robbines, Steven P. 2003. Perilaku Organisasi, Edisi Bahasa Indonesia Jilid 2. Jakarta: PT Indek Kelompok Gramedia.
Robert Bachal, 2005, 2005. Performance Management, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Simamora, B. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen, , Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Stephen P. 1998. Perilaku Organisasi, Konsep Kontroversi, Aplikasi, Edisi Bahasa Indonesia Jilid 1. Jakarta: PT. Prenhalids.
Stoner, James AF., R. Edward Freeman, Daniel R G R. Gilbert Jr., Manajemen, 1996. Diterjemahkan Sindiro. , Jakarta: PT. Prenhalido.
Umar Husein, 2000. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta; PT. Gramedia Pustaka Utama.
Umar Husein, 2003. Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.