PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH (TUGAS AKHIR DAN SKRIPSI) BAGI MAHASISWA D3 DAN S1 DI PROVINSI JAWA DAN LUAR JAWA

Main Article Content

Suprihati Suprihati
Tira Nur Fitria

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dalam bentuk pelatihan ini adalah memberikan pemahaman kepada mahasiwa D3 dan S1 tentang sistematika penulisan karya tulis ilmiah (TA dan Skripsi) yang baik, berkualitas dan bermanfaat untuk nantinya. Kegiatan ini sekaligus untuk meningkatkan motivasi mahasiswa untuk melakukan kegiatan penulisan karya tulis ilmiah yang berkualitas. Metode pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini menggunakan metode ceramah dan diskusi. Kegiatan pengabdian pada masyarakat (PKM) dilaksanakan pada Senin, 1 Juni 2021 yang dikemas dengan Webinar Nasional dengan menggunakan Zoom Meeting dan Live Streaming YouTube. Peserta yang mengikuti di Zoom Meeting mencapai 100 peserta serta ratusan peserta mengikuti Live Streaming Youtube. Para peserta hadir dari berbagai Perguruan Tinggi di provinsi Jawa dan luar Jawa. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah, Tugas Akhir (TA) dan Skripsi berjalan dengan baik dan lancar. Antusias peserta (mahasiswa D3 dan S1) saat mendaftar dan mengikuti kegiatan ini sangat banyak hingga mencapai ratusan peserta yang telah mendaftar (di awal acara) dan mengisi absensi kehadiran (di akhir acara) dengan Google Form. Ratusan peserta ini mengikuti kegiatan dengan Zoom Meeting (terbatas hanya 100 peserta) dan Live Streaming YouTube. Hal ini tentunya menumbuhkan semangat pada peserta, dilihat dengan adanya respon yang baik dari para peserta terhadap pelaksanaan pelatihan ini. Banyak peserta yang antusias dalam bertanya kepada narasumber baik di Chat Room Zoom ataupun Live Chat YouTube terkait dengan Tugas Akhir (TA) dan Skripsi.

 

Kata kunci: karya ilmiah, Karya Tulis Ilmiah (KTI), Tugas Akhir (TA), Skripsi

 

Abstract

The purpose of implementing community service (PKM) in the form of this training is to provide understanding to D3 and S1 students about the systematics of writing good, quality, and useful scientific papers (TA and Thesis). This activity is also to increase student motivation to carry out quality scientific writing activities. The method of implementing this Community Service (PKM) activity uses the lecture and discussion method. Community service activities (PKM) were held on Monday, June 1, 2021, which were packaged with a National Webinar using Zoom Meetings and YouTube Live Streaming. Participants who took part in the Zoom Meeting reached 100 participants and hundreds of participants took part in Live Streaming Youtube. The participants came from various universities in the province of Java and outside Java. The results of this activity indicate that the training activities for writing scientific papers, Final Projects (TA), and Thesis run well and smoothly. The enthusiasm of the participants (D3 and S1 students) when registering and participating in this activity was very much up to hundreds of participants who had registered (at the beginning of the event) and filled in attendance (at the end of the event) with a Google Form. These hundreds of participants took part in activities with Zoom Meetings (limited to only 100 participants) and YouTube Live Streaming. This certainly raises the spirit of the participants, seen by the good response from the participants to the implementation of this training. Many participants were enthusiastic in asking the speakers either in the Zoom Chat Room or YouTube Live Chat related to the Final Project (TA) and Thesis.

 Keywords: scientific paper, Scientific Writing (KTI), Final Project (TA), Thesis

Article Details

Section
Articles

References

Alimin, A. A., Hartati, M., & Simarmata, M. Y. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Kepada Guru SMP Se-Kota Pontianak. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 21–29. https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i1.1537
Firman. (2015). Terampil Menulis Karya Ilmiah. Penerbit Aksara Timur.
Fitria, T. N., & Prastiwi, I. E. (2020). Pelatihan Tes TOEFL (Test of English Foreign Language) Untuk Siswa SMK/SMA, Mahasiswa, Dosen dan Umum. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.29040/budimas.v2i2.1457
Indrastuti, N. (2020). Cara Praktis Penulisan Karya Ilmiah dalam Bahasa Indonesia. UGM PRESS.
Kartono, R., Kurniawati, D. E., Sulistyowati, T., Amiruddin, Z., Kom, M., Sukmana, O., Sutanto, M. H., Kamil, M., KDS, R., Zahidi, S., & Wahyudin, N. (2020). Panduan Tugas Akhir: Skripsi dan Skripsi Karya. UMMPress.
Kristanto, V. H. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah: (KTI). Deepublish.
Marlena, N., Dwijayanti, R., Patrikha, F. D., & Parjono, P. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bagi Guru SMA Swasta di Sidoarjo. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 45–50. https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p45-50
Mashud, S., & Nasuka, M. (2019). Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Para Guru Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 112–118. https://doi.org/10.30997/qh.v4i2.1262
Mukhtazar. (2012). Tehnik Penyusunan Skripsi. Absolute Media.
Nora, A. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Remaja Di SMAN 101 Jakarta Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.47007/abd.v3i2.1748
Rahardja, U., Aini, Q., & Rizqi, A. N. (2020). BUKU PEDOMAN SKRIPSI VERSI 2.0. Nirwana Nusantara.
Rusmawan, U. (2019). Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman. Elex media komputindo.
Saman, A., & Bakhtiar, M. I. (2018). Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa STKIP Andi Matappa Kabupaten Pangkep. Jurnal Terapan Abdimas, 3(1), 39–43. https://doi.org/10.25273/jta.v3i1.2165
Samidah, I. (2021). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. PT. RajaGrafindo Persada.