PENERAPAN STRATEGI BISNIS UNTUK KELANGSUNGAN HIDUP PRODUK USAHA KECIL DAN MENENGAH DI ZAMAN DIGITAL ATAU ZAMAN “NOWâ€
Isi Artikel Utama
Abstrak
Peran Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam perekonomian sangat besar. Hal ini dapat dilihat dari kontribusi UKM terhadap lapangan kerja, pemerataan pendapatan, pembangunan ekonomi pedesaan dan sebagai penggerak peningkatan ekspor manufaktur atau nonmigas. Untuk skala bisnis kecil seperti UKM tentunya memiliki strategi pemasaran yang berbeda dengan perusahaan besar. UKM biasanya memiliki anggaran pemasaran yang terbatas, sehingga diperlukan kreatifitas untuk menemukan cara yang efektif dalam memasarkan produk atau jasa dengan biaya pemasaran yang rendah atau bahkan tidak memerlukan biaya. Beberapa Langkah sederhana strategi bisnis UKM yang diberikan adalah langkah pemasaran yang efektif untuk UKM mulai dari Membuat produk yang unik dan memiliki kelebihan dibandingkan produk lain yang sejenis, sampai memanfaatkan e-commerce dalam pemasaran produk UKM. jika mampu mengimplementasikan strategi tersebut, maka Pendapatan warga meningkat dan tentunya kesejahteraan akan secara tidak langsung mengiringi kenaikan tingat pendapatan.
Â
Rincian Artikel
Referensi
Dharmmesta, B.S.&Handoko, H.(1982), Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen, Yogyakarta: PBFE, Universitas Gadjah Mada.
Fred R.David (2004), Konsep Manajemen Strategi, Edisi Ketujuh, Prenhallindo
Jill H. Ellsworth, Ph.D dan Matthew V. Ellworth.(1997), Marketing on the Internet, Grasindo
Kotler, Armstrong. 2008. Prinsip Prinsip Pemasaran 2. Edisi keduabelas. Jakarta: Erlangga.
Kotler,Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsipPemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Malayu. S.P Hasibuan. (2011), Manajemen, Edisi revisi, Bumi Aksara
Murti Sumarni dan John Soeprihanto (2003), Pengantar Bisnis, Edisi ke lima, Lyberty
Prathama Rahardja dan Mandala Manurung. (2008), Pengantar Ilmu Ekonomi, Edisi ketiga, LPFE UI.
William J. Stanton, 1993, Prinsip pemasaran, edisi ketujuh, cetakan kelima, Erlangga